Perawatan untuk bekisar

Untuk mendapatkan suara maupun penampilan bekisar yang berkualitas, dibutuhkan perawatan intensif sejak masih anakan sampai dewasa.
Bekisar anakan diberi pakan voer 521. Setelah berumur enam minggu, diganti dengan voer 591 ditambah protein hewani, misal-nya belalang, larva semut merah, atau jangkrik yang diberikan se-minggu sekali. Setelah dewasa, voer tidak diberikan lagi.
H. Ali Thamin mempunyai resep ransum untuk bekisar dewasa, berupa campuran jagung, beras merah, ketan hitam, dan kacang hijau dengan perbandingan 3:4:1:1/4. Ada kalanya pada setiap 10 kg ransum ditambahkan dua sendok madu dan dua sendok minyak ikan.
Lain halnya dengan Made Parwata. Peternak dan p bekisar di Bali ini masih tetap memberikan voer untuk bekisar dewasa. Menurut pengalamannya, 1 kg voer ditambah cincang rumput gajah sebanyak 20% dari voer yang diberikan cukup untuk l ekor bekisar dewasa. Selain itu, dua hari sekali bekisar diberi pakan tambahan berupa juice buah, telur, dan madu. Satu liter juice buah (tomat atau alpukat) biasanya dicampur dengan tiga butir telur dan dua sendok madu. Made Parwata juga memberikan pakan tambahan berupa ulat hongkong atau ulat daun pisang yang diberikan seminggu sekali. Paling tidak sepuluh ekor ulat untuk setiap ekor bekisar. Minumnya berupa air bersih yang telah dimasak dan setiap hari diganti. Sebagai tambahan dapat juga diberikan vitamin C atau vitamin B kompleks.

Agar kuat, unggas ini periu dijemur setiap pagi hari selama ku-rang lebih dua jam. Ada baiknya juga bekisar dimandikan seminggu sekali agar bulu-bulunya tetap bersih dan bagus. Bekisar yang cukup mendapat perawatan bulunya tampak bersih dan mengilat, matanya tajam, energik, dan tidak segan-segan memamerkan suaranya yang nyaring.

Kandang sebaiknya tetap dijaga kebersihannya. Kotoran diber-sihkan setiap hari dan tidak dibiarkan menumpuk dalam kandang. Dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan memperhatikan kebu-tuhannya, niscaya akan didapat bekisar yang benar-benar bagus. Sumber Majalah Trubus

Baca juga:

0 comments



Emoticon